Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Islamic Educational Managament

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK

A. Heris Hermawan (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Wahyu Hidayat (UIN Sunan Gunung Djati)
Ilham Fajari (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik” (Studi Penelitian Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya). penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan manajemen perpustakaan, pengembangan koleksi buku, faktor pendukung dan penghambat serta peningkatan minat baca peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan, yaitu pustakawan, koleksi, manajemen pengelolaan dan meningkatkan minat gemar membaca siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemakaian, penginventarisasian, penghapusan, faktor penghambat dan penunjang perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui penafsiran deskriptif, uji keabsahan data, perpanjangan keikutsertaan, dan auditing. perencanaan perpustakaan dilakukan dengan musyarawah, pengorganisasian dilakukan dengan pemilihan dan disepakati secara bersama, pelaksanaan dilakukan sesuai dengan rencana dan sesuai tugasnya masing-masing serta pengawasan dilakukan tiap hari seperti pengawasan layanan sirkulasi dan kebersihan, kerapihan dan kedisiplinan. pengembangan koleksi dilakukan dengan musyawarah dan pengajuan dari pemustaka, faktor pendukung adalah fasilitas yang cukup memadai, faktor penghambatnya bahwa pustakawan yang tersedia bukan lulusan dari bidangnya.Kata Kunci: Manajemen, Perpustakaan, Minat Baca.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...