Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis

THE ROLE OF TECHNOLOGY SAVVINESS IN MUSLIM ONLINE SHOPPING (MOS)

Syahrivar, Jhanghiz (Unknown)
Selamat, Frangky (Unknown)
Chairy, Chairy (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Kemajuan e-commerce dalam satu dekade terakhir telah mengubah cara konsumen Muslim memilih dan membeli produk yang dapat memenuhi gaya hidup mereka. Sejak itu, banyak toko online bermunculan di Indonesia yang menyasar pangsa pasar Muslim yang besar namun terbagi-bagi. Banyak penelitian tentang belanja online berfokus pada fitur toko online untuk menarik calon pelanggan; namun, sepengetahuan kami, belum ada penelitian yang mengaitkan perilaku belanja melalui toko online Muslim (MOS) dengan penguasaan dan pengetahuan terkait teknologi digital. Penelitian ini melibatkan 202 responden Muslim Indonesia yang secara reguler membeli produk Islami melalui platform MOS. Hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak AMOS. Temuan menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi secara positif dan signifikan mempengaruhi persepsi keramahan situs web dan bahwasanya Muslim yang cerdas secara teknologi cenderung memilih belanja melalui platform MOS. Kontribusi teoretis maupun implikasi manajerial juga turut dibahas dalam penelitian ini.  The advancement of e-commerce in the last decade has transformed the way Muslim consumers select and purchase products that meet their lifestyles. Ever since, many online shops have emerged in Indonesia targeting Muslim market which is huge but fragmented. Many studies on online shopping have focused on the features of online shops to attract potential customers; however, to our best knowledge, none has linked Muslim Online Shopping (MOS) behaviour with Muslims’ mastery and knowledge of digital technology or called technology-savviness. This study involved 202 Indonesian Muslim respondents who regularly bought Islamic products via MOS platforms. The hypotheses were tested using Structural Equation Modelling (SEM) via AMOS software. The findings suggest that technology savviness positively and significantly influences perceived website friendliness and that Muslims who are technology savvy are more inclined towards MOS. Theoretical contributions as well as managerial implications are discussed in this study.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmieb

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun ...