Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 4, No 1 (2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI SLARANG 01 TAHUN 2019

Setyaningsih, Eris (Unknown)
Dwiyanti, Aris Naeni (Unknown)
Budiarti, Wahyu Nuning (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dan menganalisis peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus rata-rata kelas 59,29 dengan persentase ketuntasan 23,52% dengan 4 siswa tuntas KKM dan 13 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi rata-rata kelas 63,76 denga persentase 47,05% dengan 8 siswa tuntas KKM dan 9 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas 80,47 denga persentase 82,35% dengan 14 siswa tuntas KKM dan 3 siswa tidak tuntas KKM. Proses pembelajaran berlangsung terpusat pada siswa dengan bimbingan guru menerpakan model discovery learning. Dapat disimpulkanan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...