Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Mellita, Sri Ajeng (Universitas PGRI Palembang)
Rosita, Laili (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian dilaksanakan pada Kelas X SMA PGRI 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil dari 144 siswa kelas X IPS di SMA PGRI 2 Palembang sebagai populasi dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal uraian. Analisis data menggunakan Statistik Parametris dengan uji-t dan taraf signifikansi (? = 0,05). Hasil analisis menunjukkan nilai thitung(4,468) > ttabel (1,996). Diketahui bahwa hipotesis diterima Ha Jika thitung > thabel dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Khususnya di Kelas X di SMA PGRI 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...