BENING
Vol 7, No 1 (2020): MEI 2020

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN KOTA BATAM

sumardin sumardin (Unknown)
Haji Mustaqim (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Terwujudnya Sistem Administrasi Kependudukan Di Kota Batam Secara Tertib, Akurat dan Dinamis adalah merupakan Visi dari Dinas Kependudukan Kota Batam. Mewujutkan Pelayanan yang prima bagi masyarakat Batam adalah merupakan tanggung jawab Dinas Kependudukan Kota Batam. Dalam melakukan penelitian ini, penulis melibatkan 95 orang responden masyarakat yang sudah pernah mendapatkan pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan Kota Batam. Adapun Penelitian dilakukan dengan menggunakan 5 variabel bebas yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan 1 variabel terikat yaitu Kepuasan Masyarakat. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa semua variable bebas memiliki pengaruh terhadap variable terikat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel empathy memiliki pengaruh yang cukup sinifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Dalam pengujian secara simultan antara semua variable bebas terhadap variable terikat dapat dilihat bahwa nilai F hitung= 228,807 yang berarti lebih besar dari nilai F table. Artinya variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variable Kepuasan Masyarakat. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...