Islamika : Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya
Vol 14 No 1 (2020): Januari-Juni

KEDISIPLINAN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKUNTANSI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TANGERANG

Holisoh, Ade (Unknown)
Karmawan, Karmawan (Unknown)
Nurhalimah, Nurhalimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan siswa dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Jumlah populasi sebanyak 593 orang siswa, teknik penarikan sampel Proportional Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 60 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan siswa danĀ  motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 23,304 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama kedisiplinan siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 45,0 % terhadap variable prestasi belajar akuntansi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ISLAMIKA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

ISLAMIKA publication of scientific works both scientific and the results of research, service and development of teaching materials related to religion, Islamic religious education and ...