MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2020)

PENERAPAN METODE SQ3R BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Yola Sofi Pandeas (Unknown)
Dyah Lyesmaya (Unknown)
Arsyi Rizqia Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengingkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)berbasis daring. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada siswa kelas IV di salah satu SD Negeri Baros Kencana CBM di Kota Sukabumi semester II Tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Dari hasil penelitian pada pra siklus melalui tes indikator keterampilan membaca pemahaman siswa menunjukkan ketuntasan 23 . Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53 %), siklus II (87 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berbasis daring dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Baros Kencana CBM di Kota Sukabumi Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...