AbstrakArtikel ini merupakan artikel dengan metode kajian pustaka. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian yang bersumber dari artikel dan sumber rujukan lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SD yang mampu membuat pembelajaran tidak monoton dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, artikel ini bertujuan agar guru yang masih menggunakan metode lama bisa lebih kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari kebanyakan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa. Jadi, pembelajaran ini bisa membuat guru dan siswa berperan aktif. Namun, dilihat dari penelitian yang lain, pembelajarannya telah dilakukan tetapi masih terdapat kekuarangan. Karena guru belum bisa memahami tentang pelaksanaan pembelajaran ini. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran ini bisa lebih bermakna.
Copyrights © 2020