Scriptura
Vol 10, No 1 (2020): JULY 2020

DESTINATION BRANDING OF TERAS CIKAPUNDUNG: A MODEL OF COMMUNICATION STRATEGY

Rozalena, Agustin (Unknown)
Saidah, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengontruksi model strategi komunikasi merek merupakan penelitian dengan objek komunikasi merek kota dengan subjek penelitian para informan yang berkaitan dengan terbangunnya Teras Cikapundung di sekitar bantaran dan sempadan Sungai Cikapundung. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan paradigma kontruksi serta analisis studi kasus. Peneliti menggunakan teknik depth interviewing, Focus Group Discussion (FGD), observasi, analisis dokumenserta teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menyatakan  1) proses pembentukan komunikasi merek wisata kota buatan Teras Cikapundung melalui elaborasi Model MESSAGE dan destination branding strategy; 2)  adanya strategi wisata buatan Teras Cikapundung berdasarkan tiga unsur penguatan melalui lokasi karyawisata, kesadaran komunitas dan kebersihan lingkungan, Kliatchko?s Model of Integrated Marketing Communication (IMC) dan Strategic Management of Teras Cikapundung?s Brand Communication Programmes; 3) Model strategi komunikasi merek wisata kota buatan Teras Cikapundung yang menunjukkan urutan aktivitas kontruksi strategi yang dilakukan oleh pihak komunikator

Copyrights © 2020