SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 16, No 3 (2020): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis

BINTANG IKLAN V.S BEAUTY VLOGGER, MANA LEBIH BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN

Endah Pri Ariningsih, S.E., M.Sc. (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Fitri Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Pramitha Ninda H.S (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Manajer harus dapat memilih strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan. Memahami perilaku konsumen penting dilakukan agar dapat diketahui hal apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan pembelian suatu produk. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah kelompok referensi. Perlu diketahui kelompok referensi seperti apa yang lebih berpengaruh pada keputusan pembelian, bintang iklan di TV atau beauty vlogger di Youtube.Sampel peda penelitian ini adalah mahasiswa yang merupakan konsumen produk Maybellin New York. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan beauty vlogger lebih berpengaruh pada keputusan pembelian dibanding bintang iklan. Secara parsial trustworthiness bintang iklan sedikit lebih berpengaruh dibanding beauty vlogger, dilihat dari dimensi attractiveness pengaruh bintang iklan juga lebih besar pada keputusan pembelian, sedangkan berdasarkan expertise ternyata beauty vlogger dianggap responden lebih expert dalam mengkomunikasikan produk dibanding bintang iklan sehingga pengaruhnya jauh lebih besar dalam keputusan pembelian.Kata kunci: celebrity endorse, bintang iklan, beauty vloogger, trustworthiness, attractiveness, expertise

Copyrights © 2020