Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data diambil dari siswa  SMK Negeri 1 Keruak kelas X sebanyak 21 orang siswa. Adapun dalam proses pelaksanaan  dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Dimana hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I nilai rata-rata hasil evaluasi siswa adalah  74.38  dengan persentase ketuntasan 52.38%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 3,05 yang menunjukkan masih dalam kategori aktif. Pada siklus II rata-rata nilai evaluasi siswa  mencapai 92.09 dengan ketuntasan 90.48% dengan kategori Sangat baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa sudah mencapai 4.05 ini menunjukan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi eksponen kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020