JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 3, No 1: April 2020

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Zainal Abidin (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, Indonesia)
Sabrun Sabrun (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, Indonesia)
I Ketut Sukarma (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data diambil dari siswa  SMK Negeri 1 Keruak kelas X sebanyak 21 orang siswa. Adapun dalam proses pelaksanaan  dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Dimana hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I nilai rata-rata hasil evaluasi siswa adalah  74.38  dengan persentase ketuntasan 52.38%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 3,05 yang menunjukkan masih dalam kategori aktif. Pada siklus II rata-rata nilai evaluasi siswa  mencapai 92.09 dengan ketuntasan 90.48% dengan kategori Sangat baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa sudah mencapai 4.05 ini menunjukan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi eksponen kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...