Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Analisis Framing Pemberitaan Sandiwara Uno di Detik.com dan Tempo.co

Diana Prasetya (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Ido Prijana Hadi (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Chory Angela Wijayanti (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembingkaian media dalam pemberitaan yang disajikan oleh media daring Detik.com dan Tempo.co, tentang “Sandiwara Uno”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke dua media daring tersebut memiliki cara pandang (angle) yang berbeda. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis ialah Framing model Pan&Kosicki. Pada penelitian ini, yang menjadi bingkai utama dalam peristiwa “Sandiwara Uno” pada Detik.com dan Tempo.co berkaitan dengan pemilihan narasumber sebagai kutipan dalam pemberitaan. Melalui temuan tersebut, hasil pembingkaian yang ditimbulkan dari Detik.com atas peristiwa tersebut ialah adanya kampanye sandiwara yang dilakukan oleh Sandiaga Uno. Sedangkan Tempo.co membingkai Sandiaga Uno tidak melakukan rekayasa dalam kampanye

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...