Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2020)

Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar IPA

Wiraputra, I Putu Fredy Andi (Unknown)
Jampel, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung kurang optimal sehingga konsep dan pengetahuan siswa tentang pembelajaran IPA masih kurang, kemudian siswa juga kurang aktif serta kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan ide di dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam mengasah kemampuannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 145. Jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang yang diambil dengan teknik group desind  random sampling. Data aktivitas belajar dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok eksperimen adalah 89,20. Sedangkan rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok kontrol adalah 74,13. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung =7,040 dan ttabel yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan db = 46 adalah 1,690. Ini berarti thitung (7,040) > ttabel (1,690), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...