Gema Pendidikan
Vol 27, No 2 (2020): Juli, Gema Pendidikan

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Rahmat Rahmat (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan jika diberikan model pembelajaan yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kendari kelas VIII, terdiri atas 6 kelas paralel. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran dengan menggunakan dua model yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat berbedaan kemampaun pemecahan masalah matematika siswa laki-laki yang diajar dengan model inkuiri terbimbing dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. (2) Tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa perempuan yang diberikan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung. (3) Pada kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran inkuri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan. (4) Pada kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran langsung, kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...