Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis PC Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar

Krisma Ayu Putri Sejati (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Henny Dewi Koeswanti (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model media pembelajaran PC game untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development. Metode penelitian yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu Analyze Learner; State Standards and Objectives; Select Strategies, Technology, Media, and Materials; Utilize Technology, Media and Materials; Require Learner Parcipation; Evaluate and Revise.Validitas pengembangan media pembelajaran dinilai oleh para ahli menggunakan lembar validasi ahli. Lembar validasi ahli terdiri dari empat macam yaitu uji ahli materi, media, pembelajaran dan soal. Hasil validasi ahli terkait media pembelajaran yang dikembangkan terbukti valid. Hasil validasi materi pembelajaran menunjukkan presentase sebesar 80% dengan kategori valid, validasi media pembelajaran sebesar 79,2% dengan kategori valid, validasi pembelajaran menunjukkan presentase sebesar 81,2% dengan kategori valid, dan validasi soal menunjukkan presentase sebesar 78,7% dengan kategori valid sehingga layak untuk diuji cobakan tanpa adanya revisi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...