Kompetensi manajerial akan sangat menentukan terhadap kemajuan suatu lembaga pendidikan. Bila kompetensi manajerial kepala sekolah baik maka akan mampu meningkatkan profesionali guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendesripsikan program manajerial, pelaksanaan manajerial dan hambatan dalam pelaksaan manajerial oleh kepada sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SMA Negeri 1 Panga. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah SMA Negeri 1 Panga memiliki kemampuan menggerakkan staf, guru dan karyawan, mengoptimalkan sumber daya sekolah serta memiliki kapasitas membimbing siswa, serta mampu memberi contoh mengajar yang baik. (2) Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru memiliki gaya demokratis, meningkatkan profesionalisme dan senang menerima saran dan kritik dari bawahan serta mengkomunikasikan kebijakan dan masalah secara bersama. (3) Hambatan kepala sekolah dalam pelaksanaaan manajerial untuk meningkatkan profesional guru berupa gurunya belum mencukupi dan masih kurangnya sarana dan prasarana penunjang kelancaran proses pendidikan.
Copyrights © 2019