Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

PENERAPAN MEDIA PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 WATOPUTE

Rahmania, Rahmania (Unknown)
M., Aswati (Unknown)
Haq, Pendais (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Fokus penelitian ini mengacu pada beberapa permasalahan dasar yaitu (1) Apakah Penerapan Media Peta Konsep dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute dapat meningkatkan efektifitas Mengajar guru? (2) Apakah Penerapan media Peta Konsep dalam pembelajaran sejarah dikelas  XI IPS 1 SMAN Watopute dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa? (3) Apakah penerapan Media Peta Konsep dalam Pembelajaran Sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI. IPS 1 SMAN 1 Watopute?Penelitian telah dilakukan pada bulan Februari-Maret 2016 di kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Watopute yang telah dilaksanakan dengan prosedur penelitian (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan evaluasi (d) refleksi. Dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang penjabarannya 2 kali pertemuan untuk tatap muka pembelajaran atau pemberian perlakuan dan 1 kali pertemuan ke-tiga untuk tes hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute yang berjumlah 30 orang.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penggunaan media peta konsep dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute dapat meningkatkan efektifitas mengajar guru dimana pada siklus I hanya mencapai 71,42% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu mencapai 100%. (2) Penggunaan media peta konsep dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1SMAN 1 Watopute dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa, dimana pada siklus I hanya mencapai 66,66% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu mencapai 100%. (3) penggunaan media peta konsep  hasil belajar siswa dikelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I siswa yang tuntas  18 0rang (60%) sedangkan yang tidak tuntas 12 orang (40%). Pada siklus II siswa tuntas meningkat menjadi 27 orang (90%) dan yang tidak tuntas 3 orang (10%).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...