JURMA : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif
Vol 4 No 1 (2020): Juni 2020

SOSIALISASI PENDIDIKAN STOP AKSI BULLYING

Muhammad Zenuri Ikhsan (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Eska Perdana Prasetya (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Nuraeni . (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Mensosialisasikan kepada anak anak di desa ciaruteun udik untuk memberikan pengetahuan yang penting tentang bahayanya aksi bullying yang tengah dihadapi bangsa Indonesia, khususnya di desa desa terpencil. Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Perilaku bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh lingkungannya. Hal ini tentunya akan membawa efek kepada berbagai kegiatan siswa disekolah. Aksi bullying terbagi dalam 3 bentuk perilaku, yakni secara fisik (menjegal, menjambak, menendang, memukul, hingga memegang alat kelamin), verbal (berkata kasar, memaki, berkata kasar, mengolok olok, mengejek, berkata hal hal yang jorok), dan psikologis (membuat seolah olah temannya bersalah dan dirty looks). Pelaku bullying memiliki postur tubuh yang tinggi dari teman temannya, temperamen dan sering bertindak fisik. Maka dari itu saya sebagai penulis membuat judul “sosialisasi stop aksi bullying”. Program sosialisasi ini menggunakan pendekatan dalam bentuk penyuluhan, serta sasarannya ke siswa siswi sdn ciaruteun udik 02.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pkm-p

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

PKM-P UIKA Bogor Journal is an electronic journal that publishes articles of Student Creativity Program (Program Kreativitas Mahasiswa) in the field of ...