Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 8, No 1 (2018)

PEMBELAJARAN BERKELOMPOK TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Anas Salahudin (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dede Rohaniawati (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah memakai model example non example serta bagaimana aktivitas pembelajaran gugu ketika menggunakan model tersebut.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples nilai rata-rata keseluruhan siswa hanya mencapai 42 yang berarti bernilai rendah. Dan hasil belajar setelah menggunakan tipe example non example di siklus 1 menjadi 73 yang berarti predikat baik, dan pada siklus 2 menjadi 86 dengan predikat sangat baik. Begitu juga dengan aktifitas guru dan siswa meningkat pada setiap siklusnya.Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 84% artinya baik, pada siklus II menjadi 97% artinya sangat baik, sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77% artinya baik, pada siklus II sebesar 95% artinya sangat baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...