Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 8, No 2 (2018)

MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Yayan Carlian (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Inne Marthyane Pratiwi (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Pemahaman matematis adalah proses yang dikuasai dan dipelajari oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam proses pembelajaran matematika. Prosesnya ditingkatkan melalui berbagai kegiatan di kelas. Oleh karena itu, guru perlu memfasilitasi peningkatan pemahaman matematika siswa. Salah satu cara untuk memfasilitasi peningkatan pemahaman matematika siswa adalah melalui penggunaan lembar kerja kegiatan siswa berdasarkan kearifan lokal. Ini adalah bahan ajar yang berisi tugas-tugas matematika yang menggabungkan nilai-nilai budaya. Dengan integrasi kearifan lokal, siswa akan menyadari nilai-nilai budaya yang mulia dari daerah dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya. Hasil pengembangan lembar kerja kegiatan siswa berdasarkan kearifan lokal adalah untuk membuat siswa memiliki kemampuan yang baik dalam pemahaman matematika dan prinsip-prinsip budaya kehidupan. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...