Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH PEMBELAJARAN TPS DENGAN SCAFFOLDING KONSEPTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH SINTESIS FISIKA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA

Khoirul Haniin (SMA Negeri 3 Malang)
Markus Diantoro (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)
Supriyono Koes Handayanto (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal fisika. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara cluster sampling. Data hasil penelitian eksperimen dianalisis dengan analisis variansi dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual dan pembelajaran TPS, ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang mempunyai tingkat pengetahuan awal berbeda, dan tidak ada pengaruh interaksi antara stategi pembelajaran dan pengetahuan awal  terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...