Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
Vol 3, No 1 (2020)

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL

Rufran Zulkarnain (Unknown)
Parlan . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester(RPS) yang berorientasi peta konsep, terciptanya proses pelaksanaan pembelajarandengan peta konsep dan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakanpembelajaran dengan peta konsep pada mata kuliah Evaluasi Program PNF  di Prodi PNFFKIP UNIB. Metode yang digunakan dalam penelitian peningkatan kualitas pembelajaranadalah jenis penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur dirancangmenggunakan dua siklus sesuai dengan tingkat permasalahan dan kondisi yang akanditingkatkan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang harus ditempuh, yaituperencanaan, tindakan, pengamatan  dan refleksi. Hasil dari penelitian ini ditemukanbahwa persiapan proses pembelajaran terstruktur dan bisa diikuti oleh mahasiswa dandosen, proses pembelajaran dilakukan secara lebih bermakna karena mahasiswadituntut untuk belajar secara rasional sesuai dengan peta konsep materi pada bahan ajarcetak dan peningkatan hasil belajar mahasiswa menjadi lebih bermakna,sistematis/terstruktur dan komprehensif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

OBORPENMAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan ...