cover
Contact Name
Ani Safitri, M.Pd
Contact Email
jurnaloborpenmas@uika-bogor.ac.id
Phone
+6281382526961
Journal Mail Official
jurnaloborpenmas@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar Km. 2, Kedung Badak, Tanah Sareal, Bogor 16162 Telp: 0251 8336325
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
ISSN : 26548291     EISSN : 26548615     DOI : https://doi.org/10.32832/obor
Core Subject : Education,
Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 96 Documents
RANCANGAN PENGELOLAAN PAUD KB. RIYADUL HASANAH DESA GALUGA KECAMATAN CIBUNGBULANG Iwan .
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.633 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2253

Abstract

PENDIDIKAN KELUARGA RESPONSIF GENDER Rahmi Alendra Yusiyaka; Ani Safitri
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.265 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v3i1.2985

Abstract

Keluarga merupakan pijakan pertama dalam perkembangan kehidupan manusia, melalui keluarga manusis mengenal berbagai pengertahuan dan dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki. Pada prinsipnya, setiap manusia secara fitrah sudah dibekali potensi baik, maka melalui keluargalah segala pontesi itu dapat distimulus untuk mewujudkan sumberdaya yang berkualitas. Pendidikan dalam keluarga yang responsif gender sangat diutamakan dalam pendidikan keluarga,dengan demikian anak bisa berkembang tanpaadanya bias gender, yang akan sangat berpengaruh kepada polapikir dan pembentukan karakter manusia yang bebudi luhur dan berdaya, sehingga dapat menwujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas.Orang tua merupakn pihak utama yang bertanggung jawab dalam pendidikan didalam keluargUntuk mewujudkan hal ini tentu perlu disiapkan beberapa hal, agar tujuan tersebut apat dicapai, layaknya sebuh lembaga pendidikan, ada yang perludipersiapakan, dintaranya; pendidik, sarana prasarana serta lingkungan keluarga yang dapat menunjang terselenggaranya pendidikan keluarga. Namun reaitasnya, banyak sekali ditemukan orag tua yang bertindak sebagai pendidik tidak memiliki kematangan keilmuandan pengetahuan tentang pendidikan yang akan diselenggarakan dalam keluarga.
PENDIDIKAN MASYARAKAT BERBASIS ISLAM MELALUI MADRASAH IBU Herawati Sri Septina
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.057 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2621

Abstract

Pemerintah Kota Bogor meresmikan sekolah ibu yang beroperasi di 68 kelurahan pada 19 Juli 2018 lalu. Menurut ibu Yane Ardian Bima Arya Sekolah ibu inimerupakan yang pertama di Jawa barat.Pada dasarnya sekolah ibu dirancang untuk meningkatkan kapasitas ibu dalam mengurus rumah tangga. untuk memberikan tempat berlangsungnya pendidikan khusus Ibu dengan pembelajaran berbasis islam. Para ibu akan diajarkan bagaimana pendidikan keluarga, mulai dari memahamkan peran mulia sebagai pendidik utama,komunikasi yang efektif antara istri dan suamimaupun komunikasi antara ibu dengan anak, juga tentang bagaimana mendidikanak-anak sesuai dengan tuntunan islam dan perkembangan zaman. Kajian inimenggunakan metode yang bersifat studi pustaka ( library research). Islammemberikan peranan yang amat sangat besar kepada ibu sebagai pendidik. Seperti perkataan ulama, bahwa ibu bagaikan madrasah pertama bagi anak (al-ummu kalmadrasatul ula). Dalam islam pendidikan sering disebut Tarbiyah yang berasal dari kata rabba, yarbu tarbiyatan yang memiliki makna tambah (zad) dan berkembang (numu). Madrasah ibu pengajarannya mengutamakan bahwa seorang ibu harus memahami karir mulianya adalah sebagai pendidik utama bagi anaknya. Jadi Madrasah ibu ini akan menjadi tempat persiapan sekaligus tempat berkumpulnya para ibu yang mengharapkan bisa mendidik anak-anaknya hingga menjadi generasi unggul dan beradab.
PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS R4 (REDUCE, REUSE, RECYCLE, REPLANT) Abdul Karim Halim
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.629 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk manajemen dan teknik mengelola sampah yang dapat memberikan manfaat banyak adalah dengan mengelolanya melalui Program Bank Sampah berbasis R 4 (Re-Duse, Re-Use, Re-Cyickle dan Re-Plant). Pertanyaan peneilitian ini adalah: bagaimana pengelolaan bank sampah dengan berbasis R4?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilaksankan di Sektor III Puri Anggrek Perumahan Bukit Mekar Wangi Kota Bogor. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat diarahkan kepada kebiasaan/disiplin dalam melakukan Re-duse dan Re-Use, sementara kami para pengelola Bank Sampah lebih pada mengembangkan produk-produk hasil Re-Cyckle dan Re-Plant. Sedangkan untuk pengelolaan Bank Sampah dapat dilakukan setelah menghasilkan beberapa produk secara ekonomi.
STUDI IMPLEMENTASI STANDAR PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI SUMATERA SELATAN Imron A Hakim; Evy RK Waty; Azizah Husin; Shomedran .
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.076 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v3i1.2981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi standar penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Sumatera Selatan dalam hal ini PKBM Bukit Sulap Kota Lubuk Linggau. Adapun Standar Penyelenggaraan Progam Pendidikan Kesetaraan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, yaitu: 1) Standar Kompetensi Lulusan; 2) Standar Isi; 3) Standar Proses; 4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; 5) Standar Sarana dan Prasarana; 6) Standar Pengelolaan; 7) Standar Pembiayaan; dan 8) Standar Penilaian.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dandokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan dengan validitas penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa PKBM Bukit Sulap secara umum sudah menerapkan berbagai komponen atau butir-butir yang menyangkut delapan standar penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan, walaupun masih ada beberapa butir yang belum maksimal dalampenerapannya. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan implementasi standarpenyelenggaraan program pada PKBM Bukit Sulap sudah cukup baik dengan berbagai bukti yang ada pada setiap standar yang ditetapkan. Untuk itu kedepan diharapkan pengelola lebih memahami dan menerapkan standar penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan pada PKBM dengan lebih baik dikarenakan hal ini sangat penting dengan tujuan untuk menjamin dan meningkatkan mutu Pendidikan Nonformal gunamendapatkan pelayanan yang lebih baik pula
HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA DI PKBM AL-JAUHAR KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR Ani Safitri
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.901 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2254

Abstract

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Siti Aminah Al-falathi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.618 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1477

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi tentang: penggunaan model pembelajaran active learning pada program kejar paket C di PKBM Al- Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Model pembelajaran Active learning adalah proses pembelajaran yang mempermudah tutor dalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran Active learning maka proses pembelajaran akan lebih menarik. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Active Learning Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelompok Belajar Paket C Di Pkbm Al-Jauhar Kec Bogor Utara, Kota Bogor?. metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan liteltur dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu keseluruhan peserta didik paket C di PKBM Al-jauhar dijadikan sampel penelitian yaitu berjumlah 36 Orang . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran Active learning dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Al-Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAHAN AJAR CETAK PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL Rufran Zulkarnain; Parlan .
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.527 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v3i1.2986

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester(RPS) yang berorientasi peta konsep, terciptanya proses pelaksanaan pembelajarandengan peta konsep dan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakanpembelajaran dengan peta konsep pada mata kuliah Evaluasi Program PNF  di Prodi PNFFKIP UNIB. Metode yang digunakan dalam penelitian peningkatan kualitas pembelajaranadalah jenis penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur dirancangmenggunakan dua siklus sesuai dengan tingkat permasalahan dan kondisi yang akanditingkatkan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang harus ditempuh, yaituperencanaan, tindakan, pengamatan  dan refleksi. Hasil dari penelitian ini ditemukanbahwa persiapan proses pembelajaran terstruktur dan bisa diikuti oleh mahasiswa dandosen, proses pembelajaran dilakukan secara lebih bermakna karena mahasiswadituntut untuk belajar secara rasional sesuai dengan peta konsep materi pada bahan ajarcetak dan peningkatan hasil belajar mahasiswa menjadi lebih bermakna,sistematis/terstruktur dan komprehensif.
LITERASI UANG ELEKTRONIK SEBAGAI PILIHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT IBUKOTA DI ERA DIGITAL Retno Dwi Sri Handayani; Mayang Salsabila Lubis; Sulistyo Anjar Wiranto
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.601 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2622

Abstract

Pengguna uang elektronik kini berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswadan pekerja yang biasanya mengincar promo dan diskon di dalamnya. Meningkatnya penggunaan, pasti diikuti pula dengan meningkatnya merchant-merchant yang mendukung pembayaran dengan uang elektronik sehingga hal tersebut mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang menggunakannya, dan kami pun melakukan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam untuk menggali informasi dari beberapa informan mengenai eksistensi uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya dilihat dari segi kepercayaan, kenyamanan, fasilitas pelayanan, keamanan, pengetahuan, aktivitas, opini serta minatnya dalam menggunakan uang elektronik. Untuk menguji keabsahan data, digunakanlah teknik triangulasi sumber yaitu dengan menguji data dengan sumber yang berbeda-beda. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman (Prastowo, 2012: 242) yang dapat melalui 4 proses yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uang elektronik sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi gaya hidupnya dan kami harap, ini dapat menjadi bahan literasi bagi masyarakat Ibukota tentang uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya di era digital
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD Masitowati Gatot; Muhammad Rusvendy Doddyansyah
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.612 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1482

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan metode read aloud. Anak usia dini harus dioptimalisasikan perkembangan bahasa khususnya literasi yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan metode yang menyenangkan. Hasil observasi menunjukan bahwa anak usia 4-5 tahun di TK Permatahati, kemampuan literasi belum sesuai harapan, kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesempatan anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Permasalahan inilah yang menjadi landasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang peningkatan kemampuan literasi anak melalui metode Read AloudPertanyaan penelitian ini adalah apakah melalui metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak?. Penelitian ini mengunakan pendekatan action research dengan tehnik analisis data dari dua siklus dengan model Kemmis S dan Mc Taggart dan studi literatur. Hasil penelitian pra siklus, tidak ada anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH=0%) dan Berkembang Sangat Baik (0%=BSB)). Hasil siklus I adalah dua anak Berkembang Sesuai Harapan (40% = BSH) dan tidak ada anak yang Berkembang Sangat Baik (0%). Hasil siklus II tiga anak Berkembang Sesuai Harapan (55%=BSH) dan dua anak Berkembang Sangat Baik (29% = BSB). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran pada kemampuan berbahasa mengunakan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu sebesar 83%.

Page 1 of 10 | Total Record : 96