El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama
Vol. 3 No. 2 (2015)

PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Jepri Nugrawiyati (Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2016

Abstract

Metode pembelajaran pada hakikatnya adalah tehnik-tehnik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik yang jenisnya beragam dan pemanfaatannya disesuaikan dengan kebutuhan. Begitu pula halnya dengan pembelajaran bahasa Arab khususnya kosakata (mufrodat) ini menuntut adanya metode-metode dasar yang dapat diterapkan tanpa mengharuskan adanya sarana-sarana yang tidak terjangkau oleh lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab. Namun bila ada sarana dan media yang memadai tentunya akan lebih baik dan sangat membantu suksesnya metode-metode dan tehnik-tehnik pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran bahasa Arab memiliki banyak unsur yang harus dipelajari, karena unsur-unsur tersebut tidak dapat dipisahkan. Salah satu unsur pentingnya adalah unsur kosakata. Meskipun kosakata tidak termasuk dalam empat kemahiran berbahasa, namun ia adalah komponen penting untuk membantu tercapainya kemahiran tersebut. Penguasaan kosakata yang banyak dan mumpuni dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam hal menggunakan bahasa itu sendiri, baik lisan maupun tulis. Kata Kunci: Pembelajaran Kosakata, Bahasa Arab

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

washatiya

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

El-Wasathiya: Journal of Religious Studies is a scientific journal which contains articles and working papers that discuss about religious studies in a portrait of the contemporary problems of the Ummah. The El-Wasathiya Journal was published by the Research and Community Service Center (P3M) of the ...