JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS

ANALISIS PENGARUH HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BISNIS WILAYAH BANJARBARU PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA CABANG BANJARMASIN

Jumiati Jumiati (Unknown)
Toto Sugiarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Abstract: This study aims to determine and prove the effect of price anddistribution channels to the Banjarbaru area’s consumer’s purchasing decision onPT Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch. The population in this study arebusiness customers from Banjarbaru area who purchase the product at PT.Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch, total at 104 business customers.Sampling was conducted using purposive sampling, and sampling techniquesusing Slovin formula with a total sample of 83 respondents. The analysis resultsobtained in this study are that price and distribution channels both influenceconsumer’s purchasing decision simultaneously and partially. The variable withthe strongest influence to consumer’s purchasing decision at PT. Indomarco AdiPrima Banjarmasin Branch is variable price.Keywords: price, distribution channels, consumer’s purchasing decisionAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruhharga dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen bisniswilayah Banjarbaru pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin. Populasidalam penelitian ini adalah konsumen bisnis wilayah Banjarbaru yang membeliproduk pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin yang berjumlah 104konsumen bisnis. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan samplingpurposive, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga dan variabel saluran distribusi sama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun secara parsial. Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin adalah variabel harga.Kata kunci : harga, saluran distribusi, keputusan pembelian konsumen

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jieb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada ...