Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya motivasi dan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri Kedungkebo semester I tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kedungkebo. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan skor motivasi belajar 83% dengan kriteria motivasi belajar sangat baik dan nilai rata-rata sebesar 74,57 dengan persentase ketuntasan belajar 82,85%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan skor motivasi belajar sebesar 84,7% dengan kriteria motivasi belajar sangat baik dan rata-rata nilai 79,14 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 97,1%. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas VI SD Negeri Kedungkebo Kabupaten Pekalongan.
Copyrights © 2016