JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 3, No 2 (2015): December 2015

Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII

Astuti Widiyarini (MTs Sunan Pandanaran)
Insih Wilujeng (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKS berbasis Scientific Approach yang layak dalam meningkatkan Learning Outcome siswa MTs kelas VII, (2) mengetahui hasil peningkatan sikap ilmiah, keterampilan proses, dan pengetahuan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis Scientific Approach. Penelitian ini merupakan research development dengan model Borg Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, gain score dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi LKS berbasis Scientific Approach layak digunakan dengan kategori “Sangat Baik”, (2) LKS berbasis Scientific Approach dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa (gain score sebesar 0,64), keterampilan proses siswa (gain score sebesar 0,67), dan pengetahuan siswa (gain score sebesar 0,55).Kata kunci: LKS scientific approach, keterampilan proses, sikap ilmiah, pengetahuan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...