RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 2 (2017)

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pendekatan Cerpenkom Berbantuan Alat GMAIL Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016

Sri Hartini (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Nurhidayati Nurhidayati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

-Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan danpemahaman konseppeserta didik pada materi induksi elektromagnet. Pedekatan yang digunakancerpenkom/saintifik dengan alat bantu gmail. Pendekatan ini di kembangkan mengacu pada pendekatankurikulum 2013 yaitu saintifik. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP N 4 Magelang pada tahunpelajaran 2015/2016 semester 2. Pada penelitian ini melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus 2. Pada siklus I.Hasil Aktifitas belajar meningkat sebesar 32% srdangkan pemahaman konsep meningkat sebesar meningkatsebesar 44%. Penelitian pengajaran dengan menggunakan metode cerpenkom berbantuan gmail dapatmeningkatkan aktivitas hasil belajar siswa dan pemahaman konsep induksi elektromagnetik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...