Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran guru kelas melalui lesson study. Subyek penelitian ini adalah guru kelas yang berada di gugus Imam Bonjol UPT Dindikpora Kecamatan Rakit sebanyak 10 guru. Penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang bertempat di SD Negeri 1 Luwung, Gugus Imam Bonjol, UPT Dindikpora Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kompetensi profesional guru baik dalam tahap persiapan maupun pelaksanaan. Hal ini ditunjukkan dari meningkatknya hasil observasi yang dilakukan pada kondisi awal sebesar 61,11 dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 77,78 dengan kategori cukup, dan pada siklus II menjadi 92,22 dengan kategori baik.
Copyrights © 2016