Dinamika Pendidikan
Vol 9, No 2 (2019): Edisi Juli - Desember 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM H UKUM DAN LEMBAGA PERADILAN NASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN

-, Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2019

Abstract

Dilatarbelakangi oleh anggapan siswa bahwa materi PKn sebagai mata pelajaran yang membosankan dan kurang disukai siswa. Secara intelektual siswa belum memiliki kesadaran berkonstitusi sesuai amanat UUD 1945 untuk dapat berpartisipasi diberbagai bidang kehidupan sesuai pasal-pasal yang ada, selain itu gaya mengajar guru kurang menarik dan masih berfokus pada guru sebagai sumber pengetahuan (teaching) sekarang ini berkembang menjadi Learning. Salah satu upayanya dengan melakukan pembaharuan terhadap proses belajar mengajar yang baik menyangkut materi, pendekatan, metode, media, sumber belajar dan evaluasi yang sesuai yakni dengan meningkatkan prestasin belajar PKn melalui  model pembelajaran problem based learning dengan kuis kesadaran konstitusi bagi peserta didik.Prestasi belajar ranah kognitif pada kelas XI IPA 3 pra siklus dengan mengunakan pendekatan dan model pembelajaran konvensional  nilai terendah (minimum) adalah 50,  nilai tertinggi 67,5, nilai rata-rata 50,75. Sedangkan untuk prestasi belajar ranah kognitif pada kelas XI IPA 3 setelah siklus 1 dengan menggunakan model PBL nilai terendah (minimum) adalah 60,  nilai tertinggi 80, nilai rata-rata 69,28. Dan setelah siklus 2 dengan model PBL dengan kuis kesadaran konstitusi, nilai terendah (minimum) adalah 85,  nilai tertinggi 90, nilai rata-rata 87,72.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...