Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan pendekatan Market Place Activity dapat meningkatkan antusias siswa dalam menerima pelajaran IPA, penggunaan pendekatan Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar materi Organ Pernafasan Manusia. Metode penelitian, jumlah subjek penelitian ini ada 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Indikator keberhasilan adalah jika nilai siswa mendapat nilai 70 mencapai 85% maka dikatakan tuntas belajar. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui dua siklus ternyata kemampuan dan prestasi siswa dapat ditingkatkan. Dari nilai pra siklus, siklus I dan siklus II kenaikan prestasi siswa benar-benar dapat ditingkatkan. Pada mata pelajaran IPA ketika pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 58,18 dan tingkat ketuntasan klasikal 17%. Kesimpulan penelitian, penggunaan pembelajaran Market Place Activity menaikkan tingkat motivasi belajar dan kualitas pembelajaran
Copyrights © 2020