Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Singaraja (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah strategi kooperatif tipe NHT, tanya jawab dan diskusi serta metode yang digunakan adalah metode GTM (Grammar Translation Method) dan TPR (Total Physical Response). Buku pelajaran yang digunakan sebagai refrensi adalah buku sakura jilid 1 dan 2, nihongo 1 dan 2, serta buku terbitan gakushudo. Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang adalah karakteristik siswa, kondisi siswa di kelas, dan materi yang diajarkan.Kata Kunci : profil, strategi pembelajaran, bahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)シンガラジャ国立第一高ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžæŽˆæ¥ã«ãŠã‘ã‚‹å¦ç¿’法ã€ï¼ˆï¼’ï¼‰å½“æ ¡æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’éŽç¨‹ã«ãŠã„ã¦ç”¨ã„られるã€ãれãžã‚Œå¦ç¿’法を使用ã™ã‚‹éš›ã®è¦å› を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ã€å®šæ€§çš„記述調査ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžç§‘ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ç”»åƒã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚分æžã®çµæžœã€æ—¥æœ¬èªžæŽˆæ¥ã«ãŠã‘ã‚‹å¦ç¿’法ã¯ã€NHTグループå¦ç¿’法ã§ã‚りã€è³ªç–‘討論ã§ã¯ã€GTM(文法翻訳法)ã¨TPR(全身å応å¦ç¿’法)ãŒä½¿ç”¨ã•れる。教科書ã¨ã—ã¦ã€ã€Œã•ãらã€ï¼‘,2巻ã€ã€Œã«ã»ã‚“ã”ã€ï¼‘,2巻ã€å‚考書ã¨ã—ã¦æ—¥æœ¬èªžæ›¸ç±ã®å•題集ãŒä½¿ç”¨ã•れã¦ã„る。ãれãžã‚Œã®å¦ç¿’法を使用ã™ã‚‹è¦å› ã¯ã€å¦ç¿’者ã®ç‰¹å¾´ã€çŠ¶æ…‹ã€å¦ç¿’内容ã«ã‚ˆã£ã¦æ±ºå®šã•れる。keyword : 紹介ã€å¦ç¿’æ³•ã€æ—¥æœ¬èªž
Copyrights © 2015