Abstrak,.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat penelitian ini  bagi siswa yang belum mampu memahami pengurangan denagn cara satu kali teknik meminjam. Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas, yang terdiri atas 2 siklus, tiap siklus meliputi, oerencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi,dan, refleksi. Adapun tolok ukur keberhasilan siswa adalah apabila hasil belajar siswa mampu mencapai rata-rata 55,55 dan minimal siswa yang memperoleh nilai 55,55 ke atas harus mencapai 75 %. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikut ; Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata mencapai 51,25, dengan tingkat ketuntasan 35 %, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 73,75%. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan, maka proses penelitian dihentikan pada siklus II. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa, menggunakan media Realia dapat ditingkatkan. Saran yang diberikan adalah guru menggunakan perbandingan dalam pemecahan masalah menggunakan Media Realia. Kata Kunci : Hasil Belajar Media Realia, Matematika.   Abstract.. The method in researchers is method class measure, to stand on cycle two, every cycle to cover, planning, measure execution, observasi and refleksi. As to student to be successful is  when student learning result able to achieve on the whole 55,55 and minimal student which to obtain value 55,55 on top of must to achieve 75 %. Researchers result which can researcher to serve as; at cycle one the student learning result on the whole to achieve 51,25, with deck completeness 35%, whereas at cycle two, student result on the whole to achieve 73,75%. Because al ready to fill indicator  to succeed which to expect, so process researchers to stop at cycle two.  From result researchers and discuss on conclusion that student learning result math,to use media realia can increased.  Suggestion  which to give is the teacher to use comparison in to break problem to use  reality media. Key Words :  Learning Result, Reality Media,Math.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015