Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam membiasakan perilaku moral pada anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Pontianak Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala TK, guru kelompok B dan anak usia 5-6 tahun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dengan alat lembar observasi, teknik wawancara dengan alat lembar wawancara, dan teknik dokumenter dengan alat dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Peranan guru sebagai fasilitator dalam membiasakan perilaku moral pada anak dengan mempersiapkan media dan peralatan lainnya sebelum anak masuk kelas dan sebelum masuk pada kegiatan inti. (2) Peranan guru sebagai model dalam membiasakan perilaku moral pada anak dengan memberi contoh atau tauladan yang baik kepada anak. (3) Peranan guru sebagai motivator dalam membiasakan perilaku moral pada anak dengan memberikan dorongan atau motivasi kepada anak baik memberikan pujian terhadap perilaku yang mereka tunjukkan.   Kata Kunci: Peranan Guru, Perilaku Moral, Anak Usia Dini Abstract: This study aims to describe the role of teachers in the habit of moral behavior in children aged 5-6 years in kindergarten Darussalam East Pontianak. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. Subject of research is the head of kindergarten, teacher groups B and children aged 5-6 years. The technique used in this study was the observation techniques by means of observation sheet, interview techniques by means of the questionnaires, and documentary techniques with documentation tools. The results showed: (1) The role of the teacher as a facilitator in the habit of moral behavior in children with preparing media and other equipment before the children enter the classroom and before going on core activities. (2) The role of the teacher as a model to familiarize moral behavior in children by example or a good role model to children. (3) The role of the teacher as a motivator in the habit of moral behavior in children by providing encouragement or motivation to the child either give praise to the behavior they show.   Keywords: Role Of Teaceher, Moral Behavior, Early Childhoo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016