Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa ingin tahu dengan menggunakan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) pada materi tekanan zat cair di SMP Negeri 3 Pontianak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H di SMP Negeri 3 Pontianak pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari  37 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Adapun peningkatan rasa ingin tahu peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 9 % dari 84 % menjadi 93 % dan peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 3 % dari 81 % menjadi 84 %. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar dan rasa ingin tahu peserta didik pada materi tekanan zat cair. Kata kunci : Rasa ingin tahu, SQ4R Abstract: This study aims to improve learning outcomes and curiosity by using learning methods Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) on the pressure of liquid material at SMP Negeri 3 Pontianak. This research is a classroom action research (PTK), which consists of two cycles. Subjects in this study were the students of class VIII H at SMP Negeri 3 Pontianak in academic year 2014/2015 which consists of 37 learners. The data collecting were using observation sheets, questionnaires and tests. The increase in the curiosity of students from the first cycle to the second cycle is equal to 9% from 84% to 93% and the increasing of learning outcomes thoroughness of students who reach KKM from the first cycle to the second cycle is equal to 3% from 81% to 84%. Based on the results of this study indicate that SQ4R learning methods to improve learning outcomes and curiosity of students in the pressure of the liquid material. Keywords: Curiosity, SQ4R
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015