Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 2, No 4 (2013): April 2013

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV S EKOLAH DASAR NEGERI 03 SEMAYANG KABUPATEN SANGGAU

Lelek, Cecilia (Unknown)
Yusmin, Edy (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negerri 03 Semayang dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif yaitu dengan menganalisis data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Semaynag yang berjumlah 22 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah dilakukan diskusi kelompok yang dilakukan dalam du siklus terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar sisawa dari siklus I sebesar 19% meningkat menjadi 59% pada siklus II. Dari kenaikan persentase aktivitas pembelajaran siswa juga berdampak dengan kenaikan persentase pencapaian KKM yang telah ditetapkan sekolah sebesar 60. Hal in terlihat dari persentase siswa yang tutas pada siklus I sebesar 41% menjadi 91% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa menggunakan metode diskusi kelompok dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD negeri 03 Semayang. Kata Kunci: Aktivitas pembelajaran, Hasil belajar, Metode Diskusi. Abstract: The pourpose of the research iis to know the improving studeng activity of civics at grade IV student of SD 03 Semayang by using group discussion method. The method of this research is descriptive method using qualitative way in which the data or evidence is analyzed after collecting the data from the field. The subject of the research is 22 students of grade IV at elementary school 03 Semayang. The result of data analyzing show that after using group discussion method for 2 cycles, the student learning activity improves 19% at first cycles become 59 at second cycles. Increasing the presentage of student learning activity influences the improving students outcome in achiving KKM of Civic at school that is 60. In wich, the research shows that the student can achive KKm about 41% at first cycle increase 91% at the second cycle. So that, it can be conduded that by improving student learning activity using group discussion method can influence the improving student aoutcome at grade IV student of elementary school 03 Semayang. Key word: Learning Activity, Students outcome, Discussion Method

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...