Abstrak Media animasi komputer merupakan media alternatif yang memiliki potensi untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa di MTs. Negeri 1 pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bentuknya deskriptif. Sedangkan teknik dan alat pengumpul data yang dipergunakan adalah tes,wawancara, observasi dan kuesioner. Pelaksanaan pembelajaran IPS dilakukan dengan tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan akhir dan semua kegiatan tersebut sudah dilaksanakan dengan baik. Preskripsi dalam pembelajaran dibuat sudah sesuai dengan karakteristik siswa dengan memadukan gaya belajar siswa dan kemampuan dasar pebelajar. Perolehan hasil belajar siswa setelah diadakan uji produk media animasi komputer kepada siswa kelas IX A sebanyak 30 orang ternyata mengalami peningkatan yang siginifikan, hal ini terbukti dari hasil perolehan sebelum menggunakan animasi hanya sebesar 79,7%, setelah menggunakan media animasi komputer meningkat mencapai 100% berarti ada kenaikan sebesar 20.30%. kenaikan tersebut diperoleh setelah dilakukan pembelajaran dan penggunaan media animasi computer dengan tepat. Hasil penelitian menunjukkan media animasi computer yang dilaksanakan ternyata dapat meningkatkan perolehan belajar siswa. Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Animasi Komputer, Pembelajaran, Perolehan Belajar Abstrak Computer Animation Media is an alternative media which appropriate to improve MTs.N 1 Pontianak students learning outcome.This research is used qualitative approach in descriptive form. The techniques of the data collecting were interviews, observations, questioners and documentations. This study was done in grade-IX of MTs.N 1 Pontianak. The implementation of learning social science was conducted in three phases; pre-activity, whilst activity and post activity. All of the activities had been done well. The prescription of learning has been appropriate with students characters, students learning style and learning basic ability. The achievement of grade 9 students learning after examining on computer animation media showed the significant increase. It was proved that the achievement of the pre-test was 79,9. And after the implementation of computer animation media, The post-test showed that the achievement increased 100%. It meant that it had 20,30% increases. That increase is obtained after learning and using appropriate computer animation media. The result the research showed that the use of computer animation media could improve studentslearning achievement. Key Words: Using, computer animation media, learning, learning achievement.
Copyrights © 2013