Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Hasil analisis pelaksanaan pembelajaran yang terkait proses berpikir siswa dan dibantu oleh hasil wawancara menunjukkan bahwa proses berpikir siswa kelompok atas sudah berada pada tahap deduksi informal, sedangkan proses berpikir siswa kelompok menengah dan kelas bawah berada pada tahap analisis. Hasil posttest yang dilaksanakan menunjukkan bahwa 63,2% siswa tuntas. Siswa mendapatkan aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan tahap berpikir mereka pada pelaksanaan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang sudah dikembangkan sesuai bagi siswa di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak. Kata Kunci : bangun datar segiempat, teori Van Hiele Abstract: This research aims at developing the appropriate learning model on quadrilateral planar material for the 7th Grade students of SMPN 17 Pontianak. The methods used in this study were researching and developing. Based on the analysis on the learning process in relation to the  students’ thinking process and the interview, it was shown that the thinking process of the upper group of students was on the level of informal deduction. As for the middle and lower groups of students, the level was on analysis. The posttest revealed that 63.2% of students passed the material. The students experienced the activities in accordance with their ways of thinking during the learning process. In conclusion, the learning model developed for the 7th Grade students of SMPN 17 Pontianak is already appropriate. Key word : quadrilateral planar, Van Hiele’s theory
Copyrights © 2014