Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 1 (2015): Januari 2015

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI

Heri, Yulius (Unknown)
., Mashudi (Unknown)
Matsum, Junaidi H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2015

Abstract

Abstrak:Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA Negeri 1 Bengkayang.Teknik pengumpul datanya adalah komunikasi tidak langsung dan dokumenter dengan menggunakan alat pengumpul data adalah angket dan dokumen dokumen dan teknik analisis data adalah menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1.Guru mata pelajaran ekonomi sudah memiliki kompetensi pedagogik dengan kategori baik; 2. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran. 4. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 SMA Negeri 1 Bengkayang. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja Guru dan Hasil Belajar Abstrack:This study was conducted in class XI SMA Negeri 1 Bengkayang. Data collection technique is indirect communication and documentary using the data collection tool was a questionnaire and documents and data analysis techniques is to use a simple regression with SPSS. The results obtained are 1 Guru economic subjects already have a good pedagogical category; 2 Based on the results of hypothesis testing with the t test can be concluded that there is a significant relationship between teachers' pedagogical abilities of the student learning outcomes in subjects ekonomi.Berdasarkan hypothesis test results with the t test can be concluded that there is a significant relationship between work motivation of teachers to the learning outcomes students on the subjects. 4 Based on a hypothesis test with the t test can be concluded that a significant difference between pedagogic ability and motivation of teachers to student learning outcomes on economic subjects X1 class 1 Bengkayang SMA.   Keywords:CompetencePedagogy, TeacherWork Motivationand Learning Outcomes.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...