Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENINGKATANAKTIVITASPESERTADIDIKDALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DI SD

Manurung, Bilson (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)
Margiati, K. Y. (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2014

Abstract

Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  tentang peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan model STADdi kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Lintah Kabupaten Landak. Metode yang digunakan  adalah  metode deskriptif.Sifat kolaboratif.Subjek penelitian guru yang mengajar IPS dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13Lintah.Setting penelitian setting dalam kelas.Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung.Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah: Rencana pelaksanaan pembelajaran telah disusun dengan baik, pelaksanaan pembelajaran juga telah dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah disususun, model cooperative learning type STAD terbukti dapat meningkatkan aktivitas fisik peserta didik dari rata-rata 50% di siklus 1 menjadi 83,33% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar  33,33%. Aktivitas mental meningkat dari rata-rata 54,17% di siklus 1 menjadi 87,5% di siklus 2. terjadi peningkatan sebesar  33,33%. Aktivitas emosional juga meningkat dari  66,67% di siklus 1 menjadi 91,67% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar  25%. Kata kunci :  aktivitas belajar, cooperative learning tipe STAD, IPS AbstractThe purposeof thisstudyistodescribe theincrease inthe activity ofstudentsinsocial studies learningusingSTAD modelinPublic ElementarySchoolfourth grade13LeechPorcupine District. The method usedisdescriptivemethod. Collaborative nature.Researchsubjectteachers whoteachsocial studiesandfourth gradestudentsof StateElementary School13Leech.Settingresearchin theclassroomsetting.The technique usedis the technique ofdirectobservation. While thedatacollection toolisthe observation sheet.The results ofthis studyare: learningimplementationplanhas beendrawn upwith thegood, the implementation of learninghave also beencarried out in accordancewith thelesson planthathasdisususun, STADtypeof cooperative learningmodelsare proven toincreasephysicalactivityof studentsfrom an average of50% incycle1to 83.33%incycle2, an increase of33.33%. Mental activityincreasedfrom an average of54.17% incycle1to 87.5% incycle2.an increase of33.33%. Emotional activityalsoincreasedfrom66.67% incycle1 to91.67% incycle2, an increase of25%. Keywords: learningactivities, cooperative learningSTAD, IPS  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...