Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 11 (2016): Nopember 2016

TINGKAT BERPIKIR SISWA MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI KELAS VIII SMP

Fahrurrazi, . (Unknown)
., Halini (Unknown)
., Bistari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir siswa menyelesaikan soal geometri berdasarkan teori Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Pontianak. Penentuan subjek diambil dari 2 orang siswa masing-masing dari kelompok atas, sedang dan bawah berdasarkan rekomendasi guru bidang strudi. Adapun kemampuan visualisasi dalam menyelesaikan soal geometri diperoleh bahwa siswa mengenal bangun hanya sekedar bentuk visualnya, membedakan bangun hanya berdasarkan bentuknya. Kemampuan analisis dalam menyelesaikan soal geometri diperoleh bahwa siswa mengenal sifat-sifat pada bangun geometri, tidak bisa menghubungkan suatu bangun dengan bangun yang lainnya berdasarkan sifat. Dan kemampuan abstraksi dalam menyelesaikan soal geometri diperoleh bahwa siswa dapat menentukan suatu bangun geometri dengan tepat, mengenal bangun geometri dengan sifat-sifat, mendefinisikan bangun geometri dengan lengkap, dapat menyatakan banyaknya suatu bangun geometri adalah tak hingga.   Kata Kunci: Tingkat Berpikir, Soal Geometri, Teori Van Hiele Abstract: This research aims to determine the level of student thinking to solve problems based on the theory of Van Hiele geometry. The method used is descriptive research with case study form. Subjects were selected in this study were 6 students of class VIII SMP Kemala Bhayangkari Pontianak. Determination of the subject is taken from two students of each of the above groups, moderate and down based on teacher recommendation strudi field. The visualization capabilities in solving geometry is obtained that the student knows wake up just a visual form, differentiate wake up only by its shape. Analytical skills acquired in solving geometry that students know the qualities of the geometry, can not connect a wake to wake the others by nature. And the ability of abstraction in solving geometry shows that students can determine an exact geometry, geometry familiar with the properties, defining the geometry completely, may declare the amount of a geometry is infinite   Keyword: Level of Thinking, Problem Geometry, Van Hiele Theory  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...