Dasar penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII karena menganggap IPS Ekonomi adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, test dan studi dokumenter dengan alat penelitian berupa soal angket, soal test dan dokumen pendukung. menunjukkan adanya pengaruh antara pembelajaran berbasis komputer model tutorial terhadap motivasi belajar IPS Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001; tidak adanya pengaruh antara pembelajaran berbasis komputer model tutorial terhadap hasil belajar IPS Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,058; dan adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar IPS Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,008. Kata kunci :pembelajaran berbasis komputer model tutorial, motivasi, hasil belajar. Abstrack: The background of this research is the lack of motivation and learning outcomes in social studies class VIII economy because they think Social Economics is a difficult subject and tedious. The issues examined in this study is "The Effect of Computer -Based Learning Model Tutorial To Motivation and Learning Outcomes in Class Economy IPS SMP Negeri 3 Pontianak ?". The method used in this study is a quantitative research method. Data collection techniques used were questionnaires, tests and studies with a research tool in the form of a documentary about the questionnaire, test questions and supporting documents. The analysis of the regression test results and documentation studies show the influence of computer-based learning model of tutorials on learning motivation Economic IPS indicated with a significance value of 0.001 ; lack of influence between computer-based learning model of tutorials on learning outcomes as indicated by the Economic IPS significance value of 0.058 , and the influence of motivation on learning outcomes as indicated by the Economic IPS significance value of 0.008. Keyword: Computer - Based Learning Model Tutorial, motivation, Learning Outcomes
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014