Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Learning Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pontianak . Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi-experimental design. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol karena peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar yaitu 64,69 sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 59,64 . Berdasarkan hasil uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar -2,005 dan t tabel sebesar -1,668, ini menunjukan bahwa t hitung < t tabel (-2,005 < -1,668) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima . Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning together berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Learning Together, Hasil Belajar, Akuntansi Abstract : This research aims to determine the effect of learning model Learning Together in improving student's learning outcomes in accounting learning class XI IPS SMAN 3 Pontianak. The method used is the experimental research to form a quasi-experimental design The results showed that the experimental class learning outcomes better than the control class because enhancement student's learning outcomes of experimental class that is 64.69 is greater while the control class only increased by 59.64. Based on the results of t-test from experimental class and control class is obtained t calculate -2.005 and t table is -1.668, its shows that t calculate  < t table     (-2.005 < -1.668) , so Ho refused and Ha is received.So the concluded is learning model learning together have effect  in improving student's learning outcomes. Keyword : Learning Together, Learning Outcomes, Accounting
Copyrights © 2015