Abstrak: Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 7 Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan kepala Sekolah Dasar dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN 7 Sintang. Metode Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study). Hasil penelitian ditemukan: 1) Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru belum maksimal antara lain pelaksanaan supervisi dan sebagai administrator program tidak disertai dengan pembuatan administrasi. 2)Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah Dasar Negeri 7 Sintang dalam meningkatkan kompetensi guru ,antara lainyaitu memaksimalkan peran sebagai motivator, Mengikutsertakan seminar/penataran, memanfaatkan kegiatan kelompok kerja guru, pelatihan pengoperasian komputer, meningkatkan disiplin terhadap guru. 3)Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN 7 Sintang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peranan kepala sekolah belum maksimal dalam beberapa aspek, antara lain peranan sebagai Supervisor dan administrator, pelaksanaan supervisi tidak disertai pembuatan administrasi program. Kata Kunci: Peranan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Abstract: The Role of Principal in Improving the Teachers Competence in SDN 7 Sintang. The research aims at finding out the role of principal of SDN 7 Sintang in improving the teachers competence. It refers to the qualitative research methodology and uses the case study approach. The research findings are: 1) the role of the principal in improving the teachers competence is not yet maximal since supervising and program administering do not involve the administration construction; 2) the Principal of SDN 7 Sintang methods in improving the teachers competence are maximizing the role as motivator, arranging seminar or training, making use of teachers teamwork activities, providing computer operating training, and increasing the discipline toward teachers; and 3) the factors supporting and obstructing the principal in improving the teachers competence in SDN 7 Sintang. Based on the findings, it is revealed that the role of the principal is not yet maximal for certain aspects, like the roles as supervisor and administrator, and the supervision does not include the program constructing administration. Key words: The Role of the Headmaster and Teachers Competence
Copyrights © 2014