Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD

F34212166, Pinok (Unknown)
., Zainuddin (Unknown)
., Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2014

Abstract

Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menggunakan metode Demonstrasi di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 05 Rantau Panjang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, bersifat kolaboratif, jenis penelitian adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik. Teknik pengumpulam datanya adalah teknik observasi langsung, sedangkan alat pengumpulan datanya mempergunakan lembar observasi yang dibuat dalam 3 siklus. Dengan perolehan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 05 Rantau Panjang Tahun pelajaran 2014/2015.   Kata Kunci : Aktivitas Peserta Didik, Metode Demonstrasi, dan Matematika.   Abstract : Improved Learning Activities of Students in Learning Activities Method Using demonstraions. The purpose of this study was to describe the increase in mathematics learning activities using demonstration in Public Elementary School 05 grade sixth Rantau Panjang. The menthod in this research using descriptive method, a from of research in qualitative, subjects in this reseach are students. Data collection technique in direct observation, the data tool uses observation sheets made within  cycles. With the acquisition of the results of the implementation of the action research, the research can be concluded use demonstration methods in mathematics learning can enhance the activity of students in the sixth grade elementary school 05 Rantau Panjang in 2014 / 2015.   Keywords : Students Activities, Demonstration Methods, and Mathematics

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...