Abstract: This study aims to get information about whether there is relationship between regulatory supervision and managerial skills principals in together with teachers performance in junior high schools Pontianak City, or either a simple or simultaneously. This research is ex post facto quantitative approach and associative forms. Population of 201 teachers who are junior high school teacher in Pontianak City. The results of data analysis showed that simultaneously, there are significant correlation between regulatory supervision and managerial skills principals with the Junior High School teacher performance in Pontianak City. Thus, school supervisor skill and principal managerial skill should have good relationship and cooperation in improving teachers profesional capability. Â Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya hubungan antara supervisi pengawas dan kemampuan manajerial kepala sekolah, baik secara sederhana maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk asosiatif. Populasi berjumlah 201 orang guru yang merupakan guru SMP Negeri di Kota Pontianak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi pengawas dan kemampuan manajerial kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Pontianak. Dengan demikian, pengawas sekolah dengan kemampuan supervisinya dan kepala sekolah dengan kemampuan manajerialnya harus menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dalam membantu guru-guru meningkatkan kinerjanya menjadi guru yang profesional. Kata Kunci: supervisi pengawas, kemampuan manajerial, kinerja guru
Copyrights © 2014