Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode kerja kelompok di kelas IV SDN 12 Sandai Kab. Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan kelas setelah dilaksanakan pada siklus I, siklus II dan siklus II mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa  kelas IV dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata kelas 62.2, pada siklus II menjadi 76.1, dan meningkat pada siklus III menjadi 90.   Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok, Pembelajaran IPS   Abstract: The research was aimed to describe the improvement of students’ achievement in social studies learning by using group discussion method in the class IV of SDN 12 Sandai Kabupaten Ketapang. The research method used was descriptive method with the research design of classroom action research (CAR). The result of this classroom action research after it was implemented in cycle I, cycle II and cycle III could improve the students’ achievement. This was proved from the fourth grade students’ achievement in social studies learning, which the mean score of final test in the first cycle was 62.2, in the second cycle became 76.1 and improved in the third cycle became 90.   Keyword: Achievement, Group Discussion Method, Social Studies Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015