Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VI SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. Data dalam penelitian ini adalah daftar nilai hasil belajar siswa kelas VI SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan berbicara siswa meningkat dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan.Kata kunci : keterampilan berbicara, pembelajaran kooperatif, bercerita berpasangaanAbstract : The purposes of this research are to investigate and describe the enhancement of students speaking skill on 6th grade students of SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. The method in form of qualitative. The data source of this research is the score list of students learning outcome or result on 6th grade students of SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. The finding of data analysis shows that students speaking skill improves with the implementation of storytelling in pair type of cooperative learning.Keywords : speaking skill, cooperative learning, storytelling in pair
Copyrights © 2013