Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 11 (2015): Nopember 2015

PENGENALAN GERAKAN SHOLAT MELALUI PENGAJARAN LANGSUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Rosbianti, . (Unknown)
., Marmawi (Unknown)
., Halida (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk pengenalan gerakan sholat pada anak usia 5-6 tahun melalui pengajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif  dengan bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa lembar observai guru, lembar observasi anak dan catatan penelitian. “subjek  penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun sebanyak 22 anak dan 1 guru yang melakukan pengenalan gerakan sholat. Berdasarkan penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa 1) Perencanaan dilakukan melalui penyusunan  RKH, penyiapan materi atau bahan yang akan diampaikan, seting tempat serta pelaksanaan dengan menginformasikan secara rinci kepada anak mengenai pengenalan gerakan sholat. 2) Pelaksanaan pengajaran langung yang dilakukan guru untuk memberikan pengenalan gerakan sholat dilakukan sesuai dengan prosedur, 3) Pengajaran langsung dapat meningkatkan pengenalan gerakan sholat anak di kelompok B1 TK Islam Haruniyah Pontianak Timur. Kata Kunci: Gerakan Shalat, Praktik Langsung.   Abstract: The purpose of this study was to the introduction of the prayer movement in children aged 5-6 years through direct teaching. The method used in this research is descriptive qualitative method to form this research is the Classroom Action Research (PTK) Data collection techniques used in this research is direct observation and documentation of the data collection tool in the form of sheets observai teacher observation sheets child and study notes , "This research subjects are children aged 5-6 years as many as 22 children and one teacher who did the introduction of the prayer movement. Based on the research, it can be concluded that 1) Planning is done through the preparation of RKH, preparation material or material which would diampaikan, place settings and a detailed implementation to inform the child about the introduction of the prayer movement. 2) Implementation langung teaching the teachers to provide an introduction to the prayer movement is done in accordance with the procedure, 3) direct teaching can improve the child's introduction to the prayer movement in B1 group Islamic Kindergarten Haruniyah East Pontianak. Keywords: Prayer Movement, Direct Practice.  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...