Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 6 (2014): Juni 2014

MENINGKATKAN AKTIVITAS MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS V

F 34211560, Marselina (Unknown)
Hanye, Paternus (Unknown)
., Halini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2014

Abstract

Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Menulis Karangan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Seklah Dasar Negeri 28 Sei Laki, Kecamatan Mempawah Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Menulis Karangan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Seklah Dasar Negeri 28 Sei Laki, Kecamatan Mempawah Hulu. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dan bersifat kolaboratif lebih mengutamakan proses dari pada hasil.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis dengan menggunakan  media gambar mengalami peningkatan yang cukup memuaskan. Dalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus. dalam hal ini diperoleh data: Kemampuan siswa sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 5,75 atau 25 % dari jumlah 20 siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 6,5 atau 62,5 % sedangkan pada siklus II Nilai rata-rata siswa 7,45 atau 85 % dari jumlah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Sei laki, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Dengan demikian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar  untuk meningkatkan aktivitas menulis pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Sei laki Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak dinyatakan dapat “diterima”. Kata kunci : Meningkatkan, Aktivitas, Menulis, Media, Gambar. Abstract: The progress of writing activity using picture media for the students of 5 grade, SD Negeri 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak Regency. The perpose of this recearch is to improve writing activity  by using picture, media to the student of grate V SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak Regency. This recearch uses deskriptive and collaborative methods and give priority to process more than result. From the result of this research is concludedthat writing learning process using picture media haas significant progress this research has 2 cycles, This result shows the student’s ability before the research has the average score of 5,75 or 25% of 20 studnts, in cycle the average score of the students is 6,5 or 62’1 % and in the cycles II is 7,45 or 85 % of the 20 students of grade 5 SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak regency. The conclutions is using picture media to improve writing activity for the students of grade 5 SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak regency is “acceptable”.   Key Word : Progress, Activity, Writing, Media, Picture

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...